Tugas Customer Relationship Management

| No comment yet
         Sudah lama saya tidak blogging, terakhir kali saya posting tahun 2012... Sudah sangat lama ternyata, hahaha... Daripada bosan dengan aktivitas-aktivitas selama ini , lebih baik saya posting artikel ini..Kali ini saya akan memposting tentang tugas kuliah saya yaitu Customer Relationship Management (CRM), tugasnya yaitu memberikan opini atau pendapat atas pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh dosenku.

1.Jelaskan alasan perusahaan menerapkan CRM!CRM merupakan sebuah pendekatan baru dalam mengelola hubungan korporasi dan pelanggan pada level bisnis sehingga dapat memaksimumkan komunikasi, pemasaran melalui pengelolaan berbagai kontak yang berbeda dengan pelanggan. Pendekatan ini memungkinakn untuk mempertahankan pelanggan dan memberikan nilai tambah terus menerus pada pelanggan, selain juga memperoleh keuntungan yang berkelanjutan. Sekarang ini banyak perusahaan yang menggunakan berbagai sarana dalam usahanya untuk meningkatkan Customer Relationship Management (CRM).
Secara khusus mereka berusaha memberikan layanan yang sifatnya personal sehingga dapat memberikan kepuasan yang tinggi pada pelanggannya, baik sebagai stakeholder maupun pelanggan. Perusahaan mengetahui bahwa pelanggan merupakan aset yang sangat penting untuk keberadaan dan kelanjutan dari perusahaan itu sendiri, dengan kondisi tersebut perusahaan menyadari betapa pentingnya CRM untuk mengatasi problema yang ada diatas. Saat ini banyak perusahaan yang memanfaatkan Customer Relationship Management (CRM) untuk menjalin hubungan dengan pelanggan. Dengan menerapkan CRM, perusahaan akan mengetahui apa yang diharapkan dan diperlukan pelanggannya sehingga akan tercipta ikatan emosional yang mampu menciptakan hubungan bisnis yang erat dan terbuka serta komunikasi dua arah di antara mereka. Dengan demikian kesetiaan pelanggan dapat dipertahankan dan tidak mudah berpindah ke lain produk dan merek.        

2.      Jelaskan bagaimana peran teknologi informasi dalam implementasi CRM!Perkembangan teknologi informasi memegang peranan penting dalam distribusi informasi. Perkembangan teknologi informasi yang terjadi saat ini membawa perubahan dalam masyarakat saat ini. Perubahan itu meliputi sikap masyarakat dalam interaksi social sehari-hari. Teknologi infromasi saat ini memiliki peranan penting dalam mengimplementasikan CRM dalam sebuah perusahaan. Teknologi informasi merupakan salah satu senjata penting dalam perkembangan suatu perusahaan yang menerapkan strategi CRM. Penerapan teknologi informasi dengan Perusahaan memberikan informasi tentang perusahaan, produk atau jasa yang dijual ke dalam format apapun, seperti media cetak, biro periklanan, baliho, ataupun yang menggunakan teknologi seperti website menarik mengenai perusahaan  juga melalui jejaring social. Sehingga pelanggan dapat mengetahui keunggulan perusahaan dibanding dengan yang lain. Otomatis calon pelanggan akan merasa tertarik untuk menggunakan produk yang dijual oleh perusahaan tersebut dan dengan membrikan pelayanan yang terbaik calon pelanggan akan merasa nyaman sehingga calon pelanggan akan menjadi pelanggan yang loyal.Perubahan sikap masayarakat yang cenderung lebih mobile dalam menjalani aktivitas telah memengaruhi peranan teknologi informasi dalam implementasi CRM saat ini. teknologi informasi sekarang menjadi senjata paling ampuh dalam memasarkan produk dari perusahaan tersebut, dengan mengkombinasikan pelayanan yang baik, fasilitas memadai, calon pelanggan akan menjadi lebih tertarik untuk menggunakan produk perusahaan tersebut.  

3.      Carilah sebuah website e-business/ e-commerce, terangkan cara dan program yang dilakukan pada website tersebut untuk CRM!Penerapan CRM pada E-Commerce kali ini tentang website penjualan buku online, yaitu www.jualbuku.com. Pada salah satu website yang menerapkan strategi SCM dalam penjualan buku ini adalah menampilkan buku-buku terbitan terbaru dan ready stock. Tampilan utama dari website ini kita akan disajikan dengan buku terbitan terbaru yang sudah ada di website tersebut.Menurut saya, penerapan CRM dianggap sukses jika calon pembeli merasa yakin bahwa situs e-commerce  tersebut benar adanya atau bukan situs penipuan serta calon pembeli kemudian akan membeli barang yang diperdagangkan. Dan kami akan mengulasnya secara detail apakah situs ini layak dianggap sebuah situs e-commerce yang dapat menerapkan strategi CRM.Produk di situs ini adalah berbagai macam buku bacaan, produk-produk yang dipasarkan juga bervariatif, dari buku pembelajaran anak-anak sampai ke buku bacaan seperti novel dan kumpulan cerpen. Buku-buku tersebut dikelpmpokkan sesuai dengan kategorinya, sehingga calon pembeli dapat langsung mencari buku sesuai dengan kriteria atau kategori yang dicari. Apalagi dalam penerapannya, calon pembeli dapat langsung mencari secara spesifik buku yang akan dicari melalui kolom pencarian.Informasi tentang stock buku, harga buku, dan lainnya juga sudah tersedia. Informasi tentang cara pembelian juga sudah sangat jelas sehingga calon pembeli mudah untuk memahami cara membeli buku yang ada di website tersebut. Akan tetapi menurut saya, ada salah satu kelemahan dari cara membeli buku di situs ini, yaitu kita harus mendaftar terlebih dahulu menjadi anggota untuk membeli buku. Karena menurut saya dengan calon pembeli diharuskan menjadi anggota maka calon pembeli merasa dipersulit atau terkesan bertele-tele hanya untuk membeli sebuah buku. Untuk calon pembeli yang masih awam, maka mereka akan berpindah ke situs yang lain yang menawarkan buku yang sama dengan kemudahan pembelian yang lebih mudah dan cepat.Cara pembayaran dan biaya pengiriman juga sudah jelas, area pengiriman yaitu biaya ongkos kirim ke tempat pembeli bahkan sudah tercantum dalam bentuk table yang memudahkan calon pembeli untuk mengkalkulasi biaya pengiriman buku ke tempatnya. Dalam website ini juga tercantum testimony-testimoni dari pembeli sehinggan calon pembeli akan merasa yakin dan percaya bahwa situs ini bukan menipu. Selain itu, lokasi atau alamat tempat pemilik situs ini juga dicantumkan secara jelas.Dari keseluruhan dapat disimpulkan bahwa situs e-commerce ini dapat menerapkan CRM secara baik, akan tetapi masih terdapat kekurangan-kekurangan yang bias di perbaiki agar situs e-commerce ini tetap eksis sampai lama. 

4.      Mengapa implementasi CRM harus selaras dengan tujuan bisnis? Apa yang akan terjadi bila CRM tidak mendukung tujuan bisnis?Di dalam sebuah bisnis diperlukan strategi untuk mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya agar mau membeli produk kita sebanyak-banyaknya. Untuk itu, diperlukan strategi khusus yang dinamakan Customer Relationship Management (CRM). Dengan tujuan bisnis yang akan dicapai, implementasi dari CRM harus selaras dengan tujuan tersebut. karena adanya tujuan bisnis yang akan dicapai, strategi CRM harus sesuai dengan tujuan akhir karena dengan strategi CRM yang benar dan tepat, maka tujuan bisnis yang akan diraih akan tercapai. Apabila strategi CRM melenceng atau keluar dari jalurnya, maka tujuan bisnis yang akan diraih tidak dapat tercapai karena strategi-strategi yang terdapat di dalam CRM di tujukan agar tujuan bisnis nantinya dapat tercapai dan bisnis tersebut dapat berjalan lancar.Seperti yang telah diuraikan dalam paragraph di atas, bahwa CRM digunakan agar tujuan bisnis dapat tercapai. Strategi CRM yang keluar dari jalurnya dapat mengakibatkan tujuan bisnis tidak akan tercapai, bahkan strategi CRM tersebut dapat dikatakan gagal dalam menjalankan strategi tersebut. tujuan bisnis merupakan tujuan akhir dalam penggunaan CRM. seperti contoh, sebuah bisnis ingin mendapatkan pelanggan ribuan dalam jangka waktu 1 bulan. CRM digunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut, apabila CRM tidak berjalan dengan baik pelanggan yang didapat mungkin hanya ratusan atau bahkan puluhan. Bila strategi CRM tidak sesuai dengan tujuan akhir yang akan diraih, maka strategi CRM tersebut dapat dikatakan gagal.

5.      Terangkan hubungan antara CRM dengan SCM!Hubungan antara CRM dan SCM sangat erat kaitannya dalam hal sistem yang digunakan dalam merencanakan suatu bisnis dan cara-cara memulai bisnis tersebut. keduanya juga memiliki tujuan yang hampir mirip yaitu agar bisnis tersebut dapat berjalan dengan lancar dan mendapatkan sebanyak-banyaknya pelanggan.SCM (Supply Chain Management) membantu bisnis mengelola hubungan dengan pemasok mereka, dan sistem ini menyediakan informasi untuk membantu perusahaan-perusahaan dalam mencari data, memproduksi dan mengirimkan barang dan jasa dengan efektif dan efisien. Tujuannya untuk mendapatkan jumlah produk yang tepat dari sumber mereka menuju titik konsumsi dengan jumlah waktu tersingkat dan dengan biaya terendah.Jika perusahaan tidak menggunakan sistem informasi maka sebuah perusahaan tidak memiliki informasi yang akurat dan jadwal produksi akan terhambat. Oleh sebab itu, dengan adanya sistem informasi maka dalam menjalankan perusahaan akan memperoleh hasil yang efektif dan efisien.CRM (Customer Relationship Management) membantu perusahaan mengelola hubungan dengan pelanggan dan sistem ini menyediakan informasi untuk mengoordinasikan proses bisnis yang berhubungan dengan pelanggan yang terkemuka dipasar baik yang berasal dari penjualan, pemasaran maupun layanan pelanggan. Dengan adanya informasi dapat membantu perusahaan untuk mempertahankan pelanggan dan mendapatkan pelanggan baru sebanyak-banyaknya dan juga diharapkan dapat meningkatkan penjualan.ERP yang merupakan kependekan dari Enterprise Resource Planning adalah integrasi dari praktek management bisnis dengan teknologi modern. IT terintegrasi dengan 'core' proses bisnis dari unit bisnis untuk merangkumkan dan menyelesaikan tujuan bisnis secara spesifik.Pada prinsipnya, ERP adalah sebuath gabungan dari 3 buah komponen penting, yaitu: Praktek Management bisnis, IT dan Tujuan dari bisnis yang spesifik.Sederhananya, ERP adalah sebuah arsitektur software yang membantu streaming dan pendistribusian informasi terhadap seluruh bisnis unit. ERP memberikan para eksekutif sebuah overview yang komprehensif yang akan mempengaruhi keputusan bisnis secara produktif.

Posting Komentar